Ini adalah soal simuasi digital untuk smk kelas x semester 1
I.
Jawablah
pertanyaan-pertanyan berikut ini dengan memberikan tanda [x] pada lembar jawab
yang tersedia!
1. Proses pemindahan atau penyampaian
informasi kepada orang lain disebut…
a. Komunikasi d. Rekonstruksi
b. Informasi e. Visualisasi
c. Validasi
2. Berikut yang temasuk dalam fungsi komunikasi adalah…
a. Rehabilitasi d. Rekreasi
b. Suksesi e. Informasi
c. Penelitian
3.
Komunikasi bertindak untuk
mengendalikan perilaku anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi mempunyai
wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan adalah
fungsi komunikasi sebagai…
a. Rehabilitasi d. Kendali
b. Pengungkapan emosi e. Informasi
c. Motivasi
4.
Komunikasi menggunakan bahasa
tubuh, bahasa gerak atau gerak isyarat (gesture), atau gambar disebut …
a. Komunikasi verbal d. Komunikasi terputus
b. Komunikasi nirkata atau nonverbal e.
Komunikasi sinkron
c. Komunikasi dalam jaringan
5. Orang yang mengirim informasi disebut…
a. Komunitas d. Konfrontir
b. Komunikan e. Konsumen
c. Komunikator
6.
Komunikasi menggunakan kata-kata,
baik hal itu diucapkan, maupun ditulis disebut komunikasi …
a. Verbal/lisan d. Serempak
b. nirkata atau nonverbal e. Tak serempak
c. daring
7. Orang yang menerima informasi disebut…
a. Komunitas d. Konfrontir
b. Komunikan e. Konsumen
c. Komunikator
8. Komunikasi dalam jaringan adalah cara
berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan menggunakan…
a. Sandi d. Bahasa tubuh
b. Surat e. Jaringan internet
c. Lisan
9. Cara berkomunikasi di mana penyampaian
dan penerimaan informasi atau pesan dilakukan dengan menggunakan Internet, atau
melalui dunia maya (cyberspace) disebut…
a. Komunikasi batin d. Komunikasi Virtual
b. Komunikasi tersembunyi e. Komunikasi Verbal
c. Komunikasi bahasa tubuh
10. Kegemaran berkomunikasi yang bermedia
Internet ini menimbulkan suatu komunitas baru yang disebut…
a. Komunitas virtual d. Komunitas kerja
b. Komunitas pendidikan e. Komunitas sekolah
c. Komunitas nyata
11. Media social yang paling banyak
penggunaanya di dunia adalah…
a. Instagram d. Pint
b. Google+ e. Google Talk
c. Facebook
12. Komunikasi menggunakan komputer sebagai
media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time) disebut…
a. Komunikasi daring sinkron d. Komunikasi verbal
b. Komunikasi daring asinkron e. Komunikasi nyata
c. Komunikasi virtual
13. Contoh dari komunikasi sinkron adalah…
a. Blog d. Text chat
b. Searcing e. Web
c. E-mail
14. Berikut adalah salah satu alat yang
digunakan untuk melakukan komunikasi dalam jaringan adalah adalah…
a. Pulpen d. Kabel
TV
b. Perangkat keras e. Antena parabola
c. Buku
15. Berikut yang memiliki fasilitas email
gratis adalah…
a. Whatsapp d. Facebook
b. Instagram e. Gmail
c. Twitter
16. Orang yang sadar apa yang baik apa yang
salah, menunjukkan kecerdasan perilaku teknologi, dan membuat pilihan yang
tepat ketika menggunakan teknologi disebut…
a. Warga RW d. Warga digital
b. Warga RT e. Warga negara
c. Warga masyarakat
17. Komponen apa yang berada pada lingkungan
belajar dan akademis…
a. Akses, komunikasi, literasi d. Etiket, komunikasi, literasi
b. Keamanan, komunikasi, akses e. Akses, komunikasi, hak digital
c. Akses, komunikasi, etiket
18. Komponen apa yang berada pada lingungan
sekolah dan tingkah laku…
a. Etiket, komunikasi dan akses d. Etiket, komunikasi, keamanan
b. Keamanan, hak digital, etiket e. Akses,etiket, hak digital
c. Akses, komunikasi, etiket
19. Layanan email gratis yang diberikan oleh
yahoo adalah…
a. Livemail d. Gmail
b. Hotmail e. Yahoo mail
c. Roketmail
20. Fasilitas text chat yang ada pada perangkat
blackberry adalah…
a. KakaoTalk d. Google Talk
b. Whatshapp e. Line
c. BBM
21. Fasilitas text chat yang ada pada oleh
yahoo adalah…
a. Yahoo Messenger d. Yahoo Live
b. Yahoo Mail e. Yahoo Mode
c. Yahoo Talk
22. Berikut yang termsuk pemanfaat kelas
maya …
a. Intensitas d. Likuiditas
b. Konektivitas e. Prioritas
c. Legalitas
23.
Belajar dapat dilaksanakan di
mana saja dan kapan saja merupakan manfaat kelas maya…
a. Konektivitas d. Kolaborasi
b. Interaksi e. Motivasi
c. Fleksibilitas
24.
Multimedia dapat membuat
pembelajaran lebih menarik merupakan manfaat kelas maya…
a. Interaksi d. Fleksibilitas
b. Konektivitas e. Motivasi
c. Kolaborasi
25.
Evaluasi belajar dapat
dilaksanakan seketika dan mandiri merupakan manfaat kelas maya…
a. Fleksibilitas d. Interaksi
b. Konektivitas e. Kolaborasi
c. Motivasi
26.
E-learning digunakan untuk
menunjang sistem pembelajaran tatap muka di kelas disebut model …
a. Model Mixed/Blended d. Model Fleksibel
b. Model Adjunct e. Model Rekayasa
c. Model Penuh/Full
27. Video untuk mengomunikasikan ide atau
gagasan, yang digunakan untuk memperkenalkan produk atau cara kerja yang dibuat
melalui proses merekam gambar dan suara, menata urutan dan menyambung atau
memotong gambar dan menyatukannya menjadi kesatuan yang utuh disebut…
a. Presentasi video d. Movie maker
b. Editing video e. Melihat video
c. Rendering video
28. Yang bukan termasuk jenis video adalah…
a. Cerita d.
Pembelajaran
b. Dokumenter e. Parodi
c. Berita
29. Berikut adalah software yang dapat
dipergunakan untuk pengolahan simulasi visual adalah…
a. Notpad d.
Winamp
b. Microsoft Word e. Dreamweaver
c. 3D Max
30. 3D visualization atau video
animasi 3D yang mewujudkan gagasan secara visual untuk memecahkan suatu masalah
yang sesuai dengan kebutuhan siswa disebut...
a. Simulasi Bencana d. Simulasi Visual
b. Simulasi Pembelajaran e. Simulasi
Video
c. Simulasi Digital
II. Jawablah pertanyaan
berikut ini dengan jawaban yang tepat!
1. Jelaskan pengertian dari komunikasi
dalam jaringan dan berikan contoh yang biasa kalian lakukan dalam melakukan komunikasi
dalam jaringan!
2. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari
komunikasi dalam jaringan.Sebutkan!
3. Sebutkan 3 lingkungan dan 9 komponen
dalam penerapan kewargaan digital!
4. Sebut dan jelaskan jenis-jenis video
berdasarkan tujuan pembuatannya!
5. Sebutkan software-software yang dapat
digunakan untuk pengolahan simulasi visual!
link not found. mohon perbaiki.
BalasHapusterima kasih,untuk sementara ziddu menghentikan penyimpanan cloudnya..sehingga belum bisa linknya..
Hapus